Rabu, 31 Maret 2010

Agar Processor Tidak Cepat Panas

         Sebagai otak utama pada komputer, processor juga dapat menyebabkan masalah untuk komputer. Salah satu penyebabnya adalah karena terjadi panas yang berlebih (overheating) sehingga dapat membuat komputer sering restart dan mati tiba-tiba. Untuk itu, beberapa tips yang diperlukan untuk menjaga suhu processor untuk memastikan pendingin processor (heatsink) dan fan yang mampu bekerja dengan baik.
 
 
Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan
processor :

* Pastikan bagian atas prosesor Anda telah diolesi dengan thermal paste. Thermal Paste atau Thermal Grease adalah bahan gel yang berfungsi untuk mengangkat panas dari prosesor ke headsink. Untuk thermal paste yang berwarna silver memiliki kualitas lebih baik ketimbang yang berwarna putih.

* Pastikan casing memiliki jalur sirkulasi yang lancar, karena casing yang kurang sirkulasi akan menyebabkan komponen hardware didalamnya, termasuk processor, menjadi lebih cepat panas.

* Rapikan kabel-kabel, terutama kabel tipe ATA yang berukuran lebih besar dan lebar dibandingkan kabel SATA. Kabel yang rapi dapat memperlancar aliran udara dalam casing.

* Untuk komputer pribadi, mungkin Anda adpat membuka penutup casing, untuk efektivitas kelancaran sirkulasi udara, walaupun mungkin tidak sesuai dengan nilai estetika dan tidak enak dilihat karena hardware di dalamnya tampak dari luar.

Dan berikut ini adalah tips utama untuk merawat processor :

* Putuskan hubungan atau kontak listrik dari komputer Anda. Diamkan beberapa saat agar? heatsink lebih dingin, kemudian buka heatsink dan kipas dari processor.

* Pisahkan kipas dan heatsink, lalu bersihkan kipas dengan kain basah. Bersihkan celah heatsink dari debu, atau cuci dengan menggunakan kuas atau sikat yang lembut. Keringkan heatsink dan usahakan tidak ada sisa air di celah heatsink agar tidak konslet.

* Pasang lagi kipas dengan heatsink, lalu pasangkan keduanya ke processor seperti sediakala.

* Anda dapat melakukan perawatan 3 bulan sekali, terutama dalam ruangan yang ber-AC. Namun, jika lingkungan banyak debu, perawatan dapat dilakukan setiap sebulan sekali.

10 Antivirus Terbaik Tahun 2010

          Dengan Tema "2010 AntiVirus Software Review Product Comparisons" Kembali lagi TopTenReviews.Com memberikan hasil review tentang 10 antivirus terbaik 2010. Tidak jauh berbeda dengan 10 antivirus terbaik 2009, Antivirus terbaik tahun 2010 juga didasarkan pada beberapa point penting yang sudah menjadi aturan mereka dalam melakukan review 10 antivirus terbaik.
           Software anti-virus teratas sebaiknya mudah digunakan pengguna awam komputer untuk menggunakan dan instalasi. Software antivirus sebaiknya sangat efektif utk mencari dan mengindentifikasi virus, seperti membersihkan atau mengisolasi file-file yang terinfeksi (karantina). user dapat lebih memahami dalam melakukan scan dan cukupnya support system yang tersedia, Jadi Kamu dapat mudah mendapatkan informasi tentang aktifitas software-software dan kemampuannya. Dibawah ini adalah point-point dari kriteria anti-virus yang dipakai oleh “TopTenREVIEWS” utk menilainya:

1. mudah dalam penggunaannya, sbuah software antivirus hendaknya mudah dalam penggunaannya, sehingga orang2 awan dapat dengan mudah menggunakannya.

2. Efektif dalam mengidentifikasi virus, software Antivirus yang terbaik adalah yang mampu mengindentifikasi file-file/dokumen yang terinfeksi dengan cepat dari awal sampai habis dalam proses scanning

3. efektif dalam karantina dan pembersihan file yang terinfeksi, Software antivirus yang baik juga harus mampu membersihkan, menghapus atau mengkarantina file-file yang terinfeksi serta menjaganya dari virus-virus nakal (yaiyalah namanya antivirus bisa menghapus dan mengkarantina virus, lo ga bisa bukan anti virus, tapi virus sendiri. hahahahahahaha)

4.) Laporan aktivitas, software antivirus sebaiknya mampu memberikan pengetahuan tentang aktivitas scanning secara real-time. Yang pastinya tentang virus itu sendiri.

5.) Fitur,Fitur yang baik dalam sebuah antivirus digunakan untuk melakukan settingan agar melakukan proteksi terhadap virus secara penuh.

6.) Kemudahan dalam installasi, ini adalah hal yang sangat penting karena software antivirus sebaiknya sangat cepat dalam melakukan instalasi, membuat mudah utk cepat keluar dari instalasi beralih ke “initial scan” dengan hanya melakukan double-click pada mouse saja.

7.) Layanan Bantuan, terakhir Software antivirus yang High-end datang dengan banyaknya “help”, dilengkapi support via email, online chat atau “over the telephone”.

10 Antivirus Terbaik Tahun 2010 :

1.BitDefender Antivirus
2.Kaspersky Anti-Virus
3.Webroot AntiVirus with SpySweeper.
4.Norton AntiVirus
5.ESET Nod32 Antivirus
6.AVG Anti-Virus
7.F-Secure Anti-Virus
8.G DATA AntiVirus
9.Avira AntiVir
10.Trend Micro


Sumber


Hanya berbagi Info..

Kamis, 25 Maret 2010

Arti dibalik Nama Unik Sebuah Software / Hardware

Yahoo, Intel, Microsoft, Apple merupakan nama-nama yang sangat familiar bagi pengguna teknologi internet maupun komputer. Namun adakah kita pernah berpikir mengapa software atau hardware tersebut dinamakan demikian. Apa arti dibalik nama-nama unik tersebut ?

Nah, info berikut mungkin bisa menambah pengetahuan Anda tentang arti atau ''cerita'' dibalik keunikan nama Software maupun Hardware :

1. INTEL

    Awalnya nama perangkat lunak ini diambil dari nama pendirinya yaitu Bob Noyce dan Gordon Moore. “Moore Noyce” demikian nama yang akan diberikan untuk bisnis mereka. Namun ternyata nama tersebut sudah menjadi trademark sebuah Hotel. Akhirnya diputuskan untuk menamakan software ciptaan mereka dengan nama Intel yang merupakan singkatan dari INTegrated Electronics. 

2. Hewlett Packard (HP)
    Perusahaan informasi teknologi terbesar dunia ini dinamakan sesuai nama pendirinya yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard 

3. Microsoft
    Merupakan perusahaan raksasa untuk perangkat lunak yang didirikan oleh Bill Gates. Nama Microsoft merupakan singkatan dari MICROcomputer SOFTware. Pada awalnya penulisan asli Microsoft adalah Micro-Soft, lalu dirubah menjadi Microsoft. 

4. YAHOO

   
Pendiri Yahoo, Jerry Yang dan David Filo, mungkin seorang yang gemar akan cerita “Gullivers Travel”. Ini ditunjukkan dengan menamai situs terbesar ini : Yahoo. Kata Yahoo mereka ambil dari cerita “Gullivers Travel”, yang menggambarkan seseorang yang repulsive dalam penampilan dan aksinya. Jerry Yang dan David Filo, mengambil nama tersebut karena merasa bahwa mereka adalah Yahooligans 

 5. SONY
     Nama "Sony" dipilih sebagai gabungan kata Latin sonus, yang berarti suara (bunyi), dengan kata Inggris sonny ("anak kecil") yang setelah dikombinasikan berarti sekelompok kecil anak muda yang memiliki energi dan kemauan keras terhadap kreasi dan inovasi ide yang tak terbataskan. Bagi perusahaan tersebut nama “Sony” merupakan cerminan semangat kebebasan dan keterbukaan dalam inovasi. 
 6.CISCO
    Cisco System.Inc merupakan perusahaan global dalam bidang jaringan dan telekomunikasi di Amerika Serikat. Uniknya, nama ini bukan merupakan sebuah singkatan seperti yang selama ini dikenal, tapi merupakan nama pendek dari SanFrancisc.
7. Adobe
    Adobe Systems adalah salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar didunia yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Pendirinya, John Warnock, menamakannya seperti nama sungai yang mengalir tepat dibelakang rumah nya. Nama sungai itu adalah Adobe Creek 

8. COREL
    Merupakan perusahaan pembuat perangkat lunak komputer, dengan produknya yang terkenal adalah Corel Draw, sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vektor atau pembuatan vektor.Nama “Corel” berasal dari nama pendirinya juga yaitu Dr. Michael Cowpland. Merupakan singkatan dari COwpland REsearch Laboratory.
 9. AppleComputer
     Sang Pendiri, SteveJobs, ternyata sangat menyukai buah apel. Sehingga jadilah nama perusahaan perangkat keras ini “Apple”. Unik sekali bukan ? 

Terima kasih, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat.


Selasa, 23 Maret 2010

Memperbaiki Partisi Yang Rusak

      Partisi merupakan suatu “kamar” yang berada pada hardisk. Dengan adanya partisi, kita tentunya bisa menyimapan suatu file tanpa membaurkan antara file-file sistem dengan file data milik anda. Karena anda punya 2 partisi yaitu C: dan D:. Sehingga anda bisa menggunakan C: sebagai file-file system dan D: untuk dokumen, file pribadi, musik, dll.

      Bagaimana jika pada kemudian hari ditemukan bahwa salah satu partisi anda rusak? Pasi anda bingung dan kesal bukan? Kemudian ketika anda berusaha membuka drive partisi yang tersebut, Windows menyuruh anda untuk memformatnya. Wah, pasti sangat gawat sekali dan jantung pun berdetak dengan keras, “padahal isinya khan ada file?? kok di suruh format??”. Eit, tunggu jangan ambil resiko untuk memformat dulu. Ada cara yang memang bisa dilakukan tapi tidak 100% efektif, setidaknya dapat memecahkan masalah ini.

     Caranya gunakan saja Scandisk atau utiliti yang lainnya yang anda bisa menggunakan Partition Table Doctor. Tapi saya disini hanya akan mejelaskan dengan cara menggunakan Scandisk. Untuk turtorial penggunaan Partition Table Doctor silahkan saja klik disini (LINK)
1. Buka windows explorer
2. Klik kanan drive partisi yang tidak bisa dibuka atu error.
3. Klik properties dan klik tab Tools.
4. Pada bagian atas klik Scandisk atau Check now.
5. Ketika jendela Scandisk terbuka, klik saja start. Kemudian Scandisk akan memeriksa partisi tersebut dan. 
 
      Jika sebelumnya terdapat peringatan bahwa proses scandisk hanya bisa dilakukan ketika restart maka klik saja Schedule Disk Check. Kemudian restart komputer dan nantinya sendiri scandisk akan otomatis me scan. Sebagai tambahan bahwa partisi error yang sering terjadi adalah kasus seperti di atas. Untuk lebih lanjut tentang macam-macam partisi yang error klik saja disini (LINK).

Tapi jika kebetulan hal-hal diatas dilakukan belum juga berhasil, maka jalan terakhir adalah memformat kemudian mengrecovery data anda yang hilang akibat terformat dengan RECUVA atau anda bisa menggunakan applikasi file recovery yang lain dengan mencarinya di Google .

Jumat, 19 Maret 2010

Tips Belajar Deteksi Kerusakan Hadware PC Sendiri

    Pertama Saya cuman mau Share agar Teman-teman dan pembaca dapat memperbaiki komputernya masing. Sebelumnya saya coba informasikan, kerusakan PC itu terbagi 2; software dan hardware. Sebelum memastikan kerusakaannya terjadi di hardware sebaiknya di cek dulu softwarenya, dalam hal ini Operating Systemnya. Untuk kerusakan software saya blom membahas tersebut, disini saya hanya coba bahas kerusakan hardware saja.
Adapun bagian-bagian  PC terbagi menjadi 2 yaitu:

Main peripheral
  • PSU (Power Suply Unit)
  • Mainboard/Motherboard
  • Prossesor
  • Memory
  • VGA (dibeberapa mainboard,khususnya mobo server ini masuk kategori additional)
Additional Peripheral
  • Hardisk
  • Soundcard
  • 3D card
  • Optical Drive
  • Modem internal
  • LAN card
  • USB
Pendeteksian dasar kerusakan PC dapat kita lakukan dengan mendeteksi kerusakan pada main peripheral terlebih dahulu. Sedangkan untuk kerusakan Additional peripheral bisa di deteksi melalui software maupun di BIOS. 
  1. Mendeteksi kerusakan PSU (Power Suplay Unit)
        PSU adalah bagian terpenting sebuah PC. Langkah pertama memdeteksi kerusakan PSU adalah dengan melihat kinerja PSU itu sendiri. Jika PC didalam perjalannya tiba-tiba restart tanpa ada error code dari OS (di windows biasanya BSOD), hardisk sering tidak terdeteksi padahal sudah ganti kabel data dan di tes di pc lain normal. Dan gejala terakhir adalah mati sama sekali. Penyebabnya kerusakan PSU biasanya dari faktor external, tidak stabilnya tegangan listrik dan tidak di imbangin dengan menggunakan Stabilizer unit, atau memang kualitas PSU itu sendiri yang memang kurang baik. Dan biasanya untuk PSU bawaan case kelas ekonomis / murahan (like e-case, e-tech, dll ) masa pakai amannya untuk pemakaian rutin tidak lebih dari 1 tahun. Sesuai dengan pengalaman, biasannya untuk mengetes PSU yang mati total adalah denagn menghubung singkat kan antara kabel output DC yang berwarna "Hijau dan Abu-abu". Setelah dihubunsingkat kedua kabel tersebut, kita dapat melihat apakah PSU tersebut menyala atau tidak dengan menghubungkan kabel power ke PSU. Apbila PSU tidak ada respon atau dengan kata lain tidak menyala maka PSU tersebut memang dalam kondosi rusak.

      2. Mendeteksi kerusakan Prosesor
          Prosesor yang dalam keadaan sehat wal-afiat tentunya tidak akan terbebani oleh proses POST dari BIOS, sehingga bisa dibilang kerja prosesor pada saat POST bisa dibilang tidaklah berat. sehingga tidak menghasilkan panas yang berlebih, seperti misal sudah menjalankan OS atau program lain. Jika pada saat awal PC dihidupkan (masih di proses BIOS/pada menit-menit awal PC dihidupkan) tapi suhu prosesor sudah cukup panas untuk kita pegang, bisa dipastikan Prosesornya jebol atau rusak. Untuk memastikan Rusak atau tidaknya prosesor tersebut bisa di coba di PC lain yang normal. Tetapi terkadang Fan pada Prosesor itu sendiri yang bermasalah, sehingga suhu prosesor naik mengakibatkan sering terestar sendiri hingga tiba-tiba komputer mati.

       3. Mendeteksi Kerusakan Mainboard
           Untuk mendeteksi kerusakan Mainboard, langkah awal adalah memperhatikan bentuk fisik dari mobo itu sendiri. Apakah ada bekas2 terbakar di mobo(bisa dilihat di kedua sisi mobo), apakah ada Elco yang gendut/bunting/pecah. Jika dalam pemeriksaan awal ada bekas kebakar pada mobo silahkan di konsultasikan pada tempat service mainboard terdekat, atau jika tampak ada Elco yang bunting/pecah bisa agan ganti dengan elco yang sama farad maupun voltasenya, atau kalau teman tidak mau repot langsung ke tempat service mainbooard aja. Mengingat elco yang digunakan di mainboard itu jarang ada di jual di toko part elektronik (karena elco yang dipakai mobo voltasenya biasanya 6.2 volt) bisa di kanibal dari mobo yang sudah benar2 mati. Namun apa bila ternyata mobo tidak ada tanda2 bekas terbakar dan elco juga tidak ada yang terlihat bunting atau pecah, pemeriksaan bisa dilanjutkan pada komponen regulator/mosfet pada mobo,pemeriksaan mosfet ini menggunakan multitester. Adapun letak mosfet pada tiap mobo tidaklah selalu sama, namun umumnya ada di dekat soket prosesor atau dekat konektor atx di mobo bentuknya seperti transistor; berkaki tiga namun ada juga yang kaki tengahnya sengaja diputus. untuk langkah2 pemeriksaan mosfet bisa agan liat disini sama seperti halnya elco, jika mosfetnya rusak bisa diganti dengan mosfet yang sama.

        Namun apabila pada pemeriksaan awal semua normal (tidak ada bekas kebakar, elco ga ada yg bunting, mosfet juga normal) bisa dilanjutkan dengan memeriksa keadaan chipset baik SB maupun NB. Dalam pemeriksaan chipset ini PC dalam keadaan hidup/teraliri listrik. Adapun pemeriksaan chipset ini hanya mengecek suhu pada chipset tersebut. Apabila chipset tersebut terasa cukup panas (dengan cara memegang cipsetnya) bisa dipastikan cipset tersebut jebol, mau tidak mau harus ganti mobo karena kebanyakan mobo yang beredar sekarang cipsetnya langsung menempel/dilem, sehingga tidak memungkinkan mengganti cipset tersebut.



Picture:  Elco







 Picture : Mofset
selanjutnya untuk mengetahui kerusakan memori dan VGA bisa diketahui dengan memperhatikan beepcode dari BIOS. Berikut beep code BIOS yang umum di pasaran

Bios CODE Beep  
Mungkin kalian sering mengalami atau mungkin mendengar Bunyi BEEP pada bios atau PC. Sebenarnya bunyi itu merupakan suatu pesan yg disampaikan oleh bios/PC untuk menunjukkan suatu kesalahan pada hardware pc kalian.
Disini gw akan coba memberikan tanda-tanda ataupun keterangan mengenai bunyi BEEP tersebut. Namun sebelumnya, harap dipastikan tipe dari bios PC kalian.

AMI-BIOS

Beep 1x = RAM rusak atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 6x = Biasanya menunjukkan keyboard yang rusak, atau tidak terpasang dengan benar
Beep 8x = Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar pada slot.
Beep 11x = Checksum-Error. Periksalah baterai CMOS pada motherboard.

Award-BIOS
Beep 1x panjang terus menerus = RAM rusak, atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 1x panjang, 1x pendek = Ada masalah dengan RAM atau Motherboard
Beep 1x panjang, 2x pendek = Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar
Beep 1x panjang, 3x pendek = Keyboard rusak atau tidak terpasang dengan benar
Beep 1x panjang, 9x pendek = Ada masalah dengan Bios / Bios rusak
Beep pendek Tak terputus
Ada masalah dengan penerimaan tegangan (power)

Phoenix-BIOS
Beep 1x-1x-4x = BIOS mengalami kerusakan.
Beep 1x-2x-1x = Motherboard rusak.
Beep 1x-3x-1x = Ram rusak atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 3x-1x-1x = Motherboard rusak
Beep 3x-3x-4x = Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar.

Apabila bagian yang bermasalah adalah RAM (memori) maka cabutlah memori RAM tsb dan pasang lagi (apabila cara meletakkan RAM sebelumnya kurang baik atau tidak pas atau bergeser karena komputer dipindah-pindah). Perlakuan yang sama juga dapat dilakukan pada graphic card (kartu vga). Apabila setelah memperbaiki letak periferal (RAM dan kartu vga) tetapi bunyi beep masih berbunyi juga, kemungkinan besar periferal tersebut mengalami kerusakkan, maka bisa dicoba dengan periferal lainnya, sebelum membeli yang baru.
Bios AMI


 

 BIOS Phonix



BIOS Awards


        4. Mengatasi kerusakan VGA
            Bila tampilan layar pada saat booting/POST bios normal, namun pada saat saat loading OS/Startup tampilan pada monitor pecah, dan masuk ke safe mode OS juga pecah bisa dipastikan GPU VGA Card tersebut rusak. solusi awal, coba ganti heatsink dan fan dengan yang lebih baik, tapi biasanya tidak bertahan lama sih. Dan untuk VGA mati total(tidak ada tampilan sama sekali/beep code bios memasikan VGA tsb mati) bisa di coba penyelamatan sebagaimana pada mobo, dengan memeriksa elco dan transistornya. Tetapi terkadang jikalau Gambar setelah memasuki Windows pesah atau resolusi pun rendah terkadang ini juga disebabkan karena Memory yang bermasalah. Vga Onbord bermasalah otomatis berhubungan dengan chipset MB, sehingga jika rusak harus diganti bersama MB.

       5. Mendeteksi Masalah Harddiks
          Untuk pemeriksaan awal pada Hardisk bisa menggunakan software MHDD atau VICTORIA sudah ada di CD Hirens. Mengenai pemasalahan Hdd yang tidak terbaca oleh Mainboard, biasa terkadang dipengaruhi oleh cable konektor antara HDD dan MB, apakah Kabel IDE ATA atau SATA. Terkadang juga diakibatkan oleh rusaknnya mainboard hardiks, apakah itu terjadi kerusakan komponen atau terbakarnnya komponen mainboard Harddik. Kerusakan lainnya adalah Bad sector pada piringan HDD yang terkadang tidak dapat diisi data dan parahnya terkadang tidak dapat terdetek oleh MB diakibatkan Oleh piringan HDD itu Bad Sector yang parah.

        6. Kerusakan Pada  soundcard, Lan Card, USB
            Kerusakan soundcard onboard berhubungan dengan Mainboard, apakah MB itu terjadi kerusakan pada IC suara tersebut. Solusinnya tak lain dengan Membelikan Souncard PCI sehingga Soundcard Onbord tidak berfungsi. Sama dengan halnya dengan LanCard, apabila Itu Lancard tersebut Onbord dengan MB maka ada Chipset LAN bermasalah. Begitupun solusinya dengan menambahkan Lancard PCI di MB. USB pun demikian, terkadang terjadi kesalah pada pemasangan kabel untuk USB depan sehingga mengakibatkan kosleting juga pada USB Onbord pada waktu menamcapkan flashDisk.

        7. Ganguan Pada CD/DVD ROOM
            Buat para teman-teman dan para pembaca yang pernah mengalami optical drive yang macet, ada sedikit info. Pernah tidak teman-teman mengalamin ketika mencet tombol eject di optical drive, entah itu cd rw ataw dvd rw, dia ga respons?. Dipencet pencet lampu indikatornya nyala, tapi tidak keluar cdnya? Nah, jangan panik dulu teman. Ada cara mudah buat mengatasinnya. Dengan posisi optik drive menghadap kita, coba teman lihat di bagian bawah optik drive tempat keluar cd nya. Di sana ada lubang kecil (pada beberapa optik drive ada lubang buat headset, bukan itu yg dimaksud) yang kira-kira diameterna satu mili.  kalo optik drive teman macet tidak mau mengeluarkan cd di dalamnya, colok saja lubang yang dimaksud memakai peniti. Yang teman tusuk pake peniti itu pegas optik drive buat ngeluarin cd, jadi ga usah takut kesetrum atau takut optiknya rusak. Persoalan terjadi terkadang CD/DVD tidak dapat mebaca, dikarenakan Optik terkadang kotor kena debu atau Optik memang mengalami masalah atau optik dalam kondisi rusak.


Alat Bantu Untuk Mendeteksi Kesalahan :

pc analyzer card
       Pada beberapa kakus kerusakan pc sering kali bios gagu/bisu tidak mengeluarkan suara apa2, kesimpulan awalnya sih bisa dipastikan menbor mati. Tapi tunggu dulu, sekarang sudah ada alat yang namanya pc analyzer card,  fungsi alat ini adalah melakukan proses POST yang biasa dilakukan BIOS untuk pc card ini bisa ditancapkan pada slot PCI maupun slot ISA. sedangkan untuk notebook alat ini ditancapkan pada slot pcmcia, untuk tipe terbaru ditancapkan pada slot mini pci atau mini pci-e. Harga alat ini dah sangat murah n terjangkau, tidak sampai 100 ribuan kok untuk yang buat pc. sedang yang buat notebook masih lumayan mahal, kalo tidak salah hampir 1 jutaan.

PC Analizer Card PCI/ISA



Notebook Analizer Card mini pci/mini pci-e


Sekalian dan tarima kasih moga-moga dengan adanya Materi ini dapat membantu teman-teman dan para pembaca. :)


Kamis, 18 Maret 2010

Tips dan Trik dalam Mendisain Web

   Sering kita temui website yang tipikal: "Welcome to my homepage," animasi e-mail, background dengan tulisan miring (diagonal), animasi garis pembatas, tabel dengan border tiga-dimesi dan lain-lain. Hal ini terjadi akibat dari fasilitas Template yang disediakan oleh software pembuat web seperti: FrontpageT, Corel WebDesignerT, dan sebagainya yang ditujukan untuk mempermudah penggunanya dalam membangun website.

   Jika anda puas dengan hasil kerja anda membangun website dengan fasilitas template, sudahlah cukup sampai disini. Tetapi jika anda tidak puas dengan apa yang anda buat, dan anda merasa ingin lebih baik, maka anda perlu mengetahui bagaimana Web Designer membangun suatu Website, terlepas anda punya bakat seni atau tidak. 

  1. Unik : Dalam membuat karya apapun seorang designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain. Begitu pula seorang Web Designer harus mempunyai budaya malu untuk menggunakan icon, animasi, button, dll, yang telah digunakan atau dibuat oleh orang lain. 
  2. Komposisi : Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya. Pergunakan selalu Palette 216 WebColor, yang dapat diperoleh dari Adobe.com, hal ini untuk mencegah terjadinya dither pada image yang berformat GIF. Dalam membangun website suatu perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan dengan Corporate Color perusahaan tersebut. Sebagai contoh: Telkom Corporate Color-nya adalah biru, Coca-Cola : merah dan putih, Standard-Chartered : hijau dan biru, dsb. Untuk kemudian warna-warna tadi digunakan sebagai warna dominan atau sebagai elemen pendukung (garis, background, button, dsb). 
  3. Simple : Web Designer banyak yang menggunakan prinsip "Keep it Simple", hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif. 
  4. Semiotik : Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti. Sebagai contoh: Jangan membuat gambar/image yang berkesan tombol, padahal itu bukan tombol/ link. 
  5. Ergonomis : Web Designer selalu memperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi adalah Informatif. 
  6. Fokus : Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user/audience untuk menentukan pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca/ dilihat.
  7. Konsisten : Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi. Sesuaikan jenis huruf yang digunakan dengan misi dan visi website tersebut, misalnya: hindari menggunakan font Comic dalam membangun website suatu perusahaan resmi. 
   Demikian beberapa aspek dan prinsip yang digunakan Web Designer dalam membuat website, selebihnya merupakan ekspresi dari pembuat website itu sendiri yang terwujud dalam penggayaan penyusunan website. 
untuk membuat suatu Web terkadang kita membutuhkan software pendukung untuk memperlancar pembuatan web.

Software-software pembuat suatu website 



Desain : Untuk membuat desain suatu homepage biasanya para web designer dimulai dengan software ini sebagai tampilan sementara atau dalam membuat layout homepage.
  1. Adobe Photoshop : Desain berbasis titik ( bitmap )
  2. Adobe Image Ready : Memotong gambar-gambar ke dalam format html
  3. Adobe Illustrator : Desain berbasis vector
  4. CorelDraw : Desain berbasis vector
  5. Macromedia Freehand : Desain berbasis vector
Efek Desain : Hal ini dilakukan untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang. Seperti menambah efek cahaya, textur dan manipulasi teks.
  1. Macromedia Firework : Efek teks
  2. Painter : Memberikan efek lukisan
  3. Ulead Photo Impact : Efek frame dan merancangan icon yang cantik.
  4. Plugins Photoshop : Seperti Andromeda, Alien Skin, Eye Candy, Kai's Power Tool dan Xenofex juga sangat mendukung untuk memberi efek desain sewaktu anda mendesain layout homepage di Photoshop.
Animasi : Penambahan animasi perlu untuk membuat homepage agar kelihatan menarik dan hidup.
  1. 3D Studio Max : Untuk membuat objek dan animasi 3D.
  2. Gif Construction Set : Membuat animasi file gif
  3. Macromedia Flash : Menampilkan animasi berbasis vector yang berukuran kecil.
  4. Microsoft Gif Animator : Membuat animasi file gif
  5. Swift 3D : Merancang animasi 3D dengan format file FLASH.
  6. Swish : Membuat berbagai macam efek text dengan format file FLASH.
  7. Ulead Cool 3D : Membuat animasi efek text 3D.
Web Editor : Menyatukan keseluruhan gambar dan tata letak desain, animasi, mengisi halaman web dengan teks dan sedikit bahasa script.
  1. Alaire Homesite
  2. Cold Fusion
  3. Microsoft Frontpage
  4. Macromedia Dreamweaver
  5. Net Object Fusion 
Programming : Hal ini dilakukan setelah sebagian besar desain homepage telah rampung. Programming bertugas sebagai akses database, form isian dan membuat web lebih interaktif. Contoh : Membuat guestbook, Form isian, Forum, Chatting, Portal, Lelang dan Iklanbaris.
  1. ASP ( Active Server Page )
  2. Borland Delphy
  3. CGI ( Common Gateway Interface )
  4. PHP
  5. Perl
Upload : File html kita perlu di letakkan ( upload ) di suatu tempat ( hosting ) agar orang di seluruh dunia dapat melihat homepage kita.
  1. Bullet FTP
  2. Cute FTP
  3. WS-FTP
  4. Macromedia Dreamweaver : dengan fasilitas Site FTP
  5. Microsoft Frontpage : dengan fasilitas Publish
Sound Editor : Homepage kita belum hidup tanpa musik. Untuk mengedit file midi atau wav, perlu alat khusus untuk itu.
  1. Sound Forge : Mengedit dan menambah efek file yang berformat mp3 dan wav.
  2. Cakewalk : Mengedit dan menambah efek untuk file yang berformat midi
   Banyak sekali memang software untuk membuat suatu homepage dan kita tidak perlu mempelajari semua software tersebut di atas. Tapi untuk mempermudah, bagi pemula lebih baik dimulai terlebih dulu dengan mempelajari software Microsoft Frontpage atau Macromedia Dreamweaver agar lebih mengenal aturan-aturan membuat homepage dan mengenal bahasa html. Setelah itu baru Adobe Photoshop yang dipakai kebanyakan para desainer.


  Semakin berkembangnya, bayak software sekarang untuk membuat suatu Web lebih ringkas untuk membuatnya dikarenakan fasilitas-fasilitas software web tersebut sudah tersedia dalam satu software. Mulai dari fasilitas yang menyediakan Tamplate Web, pengeditan, hingga bahasa pemogramannya telah include. Salah satu software tersebut wakni "Jomla".

Langkah-langkah Membuat Homepage
Bermacam-macam langkah yang digunakan profesi web kita untuk membuat suatu homepage. Berikut ini adalah proses secara umum yang dilakukan kebanyakan profesi web di Indonesia untuk membuat web.
  1. Membuat Sketsa Desain : Desainer bisa saja menuangkan ide dalam membuat interface suatu homepage dalam bentuk sketsa di kertas dahulu. Untuk kebanyakan orang, biasanya langkah ini dilewatkan dan langsung pada langkah membuat layout desain dengan menggunakan software.
  2. Membuat Layout Desain : Setelah sketsa sudah jadi, kita menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhalus sketsa desain.
  3. Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil : Setelah layout desain homepage sudah jadi. File gambarb tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimize waktu download. Untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan software Adobe Image Ready. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.
  4. Membuat Animasi : Animasi diperlukan untuk menghidupkan homepage kita agar menarik pengunjung. Macromedia Flash dan Gif Construction Set dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.
  5. Membuat HTML : Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.
  6. Programming dan Script : Untuk website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. File HTML kita perlu programming untuk melakukan aktivitas semacam itu. Programming dan script ini bisa dibuat dengan menggunakan ASP, Borland Delphy, CGI, PHP, Visual Basic. Dan perlu diperhatikan bahwa programming dan script ini biasanya dilakukan setelah desain homepage kita telah jadi.
  7. Upload HTML : Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat ( hosting ), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP.
  8. Homepage Pribadi : Untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebut. 

Rabu, 10 Maret 2010

Indonesia Terkorup di Asia Pasifik

Patrialis: Belum Ada Sinergi Lembaga Penegak Hukum

       Mungkin dalam benak diri kita sebagai warga Indonesia  akan merasa tidak enak mendengar bahwa negara kita, negara Indonesia adalah negara terkorup di Asia Pasifik. Hal tersebut adalah fakta bagi bangsa ini, masih banyak pejabat-pejabat yang melakukan hal yang demikian, bukan saja kalangan pejabat tetapi kalangan menengah dan kebawah pun masih melakukan hal yang dikatakan "korupsi". mungkin kita dapat berfikir apakah ini adalah sebuah penyakit bangsa.....???


      Sebelumnya, dalam riset yang dilakukan oleh lembaga yang berpusat di Hongkong tersebut, Indonesia mendudukiperingkat 1 negara terkorup di Asia Pasifik.Dalam skala 1 sampai 10, Indonesia mendapat nilai 9,07. Di bawah Indonesia, ada Kamboja, Vietnam dan Filipina sebagai negara terkorup.
 (www.detik.com)

Kapolwiltabes Makassar dan Kapolres Makassar Timur Dicopot

Makassar 

Tuntutan berujung bentrok, pasca penyerangan Wisma HMI, Rabu (3/3/2010) lalu  yang meminta Kapolri pertanggungjawab, kini mulai terkabul. Hal ini sedikit terbukti dari telegram rahasia (TR) Mabes Polri yang diterima oleh sejumlah media massa di Makassar malam ini, Selasa (9/3/2010).

Dalam surat telegram rahasia Mabes Polri bernomor STRS/193/III/2010 tertanggal 9 Maret 2010, menyebutkan Kapolwiltabes Makassar, Kombes Pol Gatta Chaeruddin dicopot dari jabatannya dan dimutasi ke jabatan barunya sebagai Kepala Biro Bina Mitra Polda Jawa Barat. Kombes Chairul Anwar salah seorang staf Bareskrim Mabes Polri didaulat sebagai pengganti Gatta.
Sedangkan Kapolres Makassar Timur, AKBP Mansyur ditarik ke Mabes Polri sebagai Kasubag Renbinnis Set Pusdalops SDE Ops Polri di Mabes Polri. Sebagai penggantinya, AKBP Totok Lisdiarto ditarik dari posisi sebelumnya sebagai Kaden A Sat Brimob Polda Sulselbar. 

Kabid Humas Polda Sulselbar, Kombes Hery Subiansauri yang dihubungi detikcom, membenarkan isi telegram rahasia tersebut. Hery membantah pemutasian Kapolwiltabes Makassar dan Kapolres Makassar Timur berhubungan dengan peristiwa penyerangan Wisma HMI dan bentrokan mahasiswa dengan polisi pada tanggal 4-5 Maret lalu.

"Ini mutasi biasa dan kebetulan waktunya bersamaan, mereka berdua ini kan status jabatannya naik kalau ditarik ke Pulau Jawa, contoh Kapolres yang pangkatnya Letnan Kolonel biasa, menjadi Letnan Kolonel mantap dengan posisi barunya," pungkas Hery.

Selain jabatan Kapolwiltabes Makassar dan Kapolres Makassar Timur yang mengalami pergantian personel, beberapa jabatan lain juga mengalami 'pergantian pemain'. Seperti pada posisi Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulselbar, yang sebelumnya dijabat Kombes Agus Mintadi, kini digantikan Kombes Purwadi, dari bagian Dokpol Polda Riau.

Dan, untuk posisi terakhir yang dimutasi adalah Dir Intelkam Polda Sulselbar, Kombes Sugih Famili ditarik ke Mabes Polri dan digantikan oleh Kombes Erwin Triwanto dari Intel Mabes Polri.

"Mutasi yang ditandatangani Kapolri hari ini ada 33 orang seluruh Indonesia, jadi dugaan ada hubungan antara mutasi dengan bentrokan polisi dan mahasiswa di Makassar itu tidak betul," kilah Hery sebelum menutup teleponnya. 

detik.com / www.detik.com

Konsep Dasar TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

TCP/IP merupakan dasar dari segalanya, tanpa mempelajari TCP/PI kemungkinan kita tidak dapat melakah maju di dunia pehackingan. Dengan kata lain, TCP/IP merupakan awal dari segalanya. Banyak orang yg menyepelekan pentingnya mempelajari TCP/IP, mereka mengaku dirinya "hacker" tetapi tidak mengerti sama sekali apa itu TCP/IP. Merasa hacker hanya apabila bisa mencrash ataupun menjebol server, tetapi sebetulnya bukan itulah maksud dari segala itu. Hacker itu adalah orang yg haus akan pengetahuan, bukan haus akan penghancuran. Untuk menjadi hacker dibutuhkan kerja keras, semangat, motivasi yg tinggi serta pemahaman seluk-beluk internet itu sendiri, tanpa hal-hal tersebut mustahil anda dapat menjadi seorang hacker yang tangguh. Tulisan ini didedikasikan terutama untuk memberi Kecoak Elektronik dan siapa saja yang ingin mempelajari TCP/IP, bukan untuk mereka yang hanya ingin mencari jalan pintas menjadi hacker sejati. Bagi anda yg memang udah profhacking mungkin tulisan ini tidak penting, karena memang tulisan ini hanyalah pengantar belaka dan bukan merupakan referensi yg sempurna (dan jauh dari sempurna) oleh karenanya hanya dikhususkan bagi mereka yg pendatang baru (newbies).
  1. Apa itu TCP/IP ?
TCP/IP adalah salah satu jenis protokol* yg memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu  network (jaringan). Merupakan himpunan aturan yg memungkinkan komputer untuk  berhubungan antara satu dengan yg lain, biasanya berupa bentuk / waktu / barisan / pemeriksaan error saat transmisi data.

2. Apa yg membuat TCP/IP menjadi penting ?
Karena TCP/IP merupakan protokol yg telah diterapkan pada hampir semua perangkat keras dan sistem operasi. Tidak ada rangkaian protokol lain yg tersedia pada semua sistem berikut ini :
a. Novel Netware.
b. Mainframe IBM.
c. Sistem digital VMS.
d. Server Microsoft Windows NT
e. Workstation UNIX, LinuX, FreeBSD
f. Personal komputer DOS.

3. Bagaimana awalnya keberadaan TCP/IP ?
Konsep TCP/IP berawal dari kebutuhan DoD (Departement of Defense) AS akan suatu komunikasi di antara berbagai variasi komputer yg telah ada. Komputer-komputer DoD ini seringkali harus berhubungan antara satu organisasi peneliti dg organisasi peneliti lainnya, dan harus tetap berhubungan sehingga pertahanan negara tetap berjalan selama terjadi bencana, seperti ledakan nuklir. Oleh karenanya pada tahun 1969 dimulailah penelitian terhadap serangkaian protokol TCP/IP. Di antara tujuan-tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut
  1. Terciptanya protokol-protokol umum, DoD memerlukan suatu protokol ygdapat ditentukan untuk semua jaringan.
  2. Meningkatkan efisiensi komunikasi data.
  3. Dapat dipadukan dengan teknologi WAN (Wide Area Network) yg telah ada.
  4. Mudah dikonfigurasi.
            Tahun 1968 DoD ARPAnet (Advanced Reseach Project Agency) memulai penelitian yg kemudian menjadi cikal bakal packet switching . Packet switching  inilah yg memungkinkan komunikasi antara lapisan network. (dibahas nanti) dimana data  dijalankan dan disalurkan melalui jaringan dalam bentuk unit-unit kecil yg disebut packet*. Tiap-tiap packet ini membawa informasi alamatnya masing-masing yg ditangani dengan khusus oleh jaringan tersebut dan tidak tergantung dengan paket-paket lain. Jaringan yg dikembangkan ini, yg menggunakan ARPAnet sebagai tulang punggungnya, menjadi terkenal sebagai internet. Protokol-protokol TCP/IP dikembangkan lebih lanjut pada awal 1980 dan menjadi protokol-protokol standar untuk ARPAnet pada tahun 1983. Protokol-protokol ini mengalami peningkatan popularitas di komunitas pemakai ketika TCP/IP digabungkan menjadi versi 4.2 dari BSD (Berkeley Standard Distribution) UNIX. Versi ini digunakan secara luas pada institusi penelitian dan pendidikan dan digunakan sebagai dasar dari beberapa penerapan UNIX komersial, termasuk SunOS dari Sun dan Ultrix dari Digital. Karena BSD UNIX mendirikan hubungan antara TCP/IP dan sistem operasi UNIX, banyak implementasi UNIX sekarang menggabungkanTCP/IP. Unit informasi yg mana jaringan berkomunikasi. Tiap-tiap paket berisi identitas (header) station pengirim dan penerima, informasi error-control, permintaan suatu layanan dalam lapisan network, informasi bagaimana menangani permintaan dan sembarang data penting yg harus ditransfer.

4. Layanan apa saja yg diberikan oleh TCP/IP ?
Berikut ini adalah layanan "tradisional" yg dilakukan TCP/IP :
  • Pengiriman file (file transfer). File Transfer Protokol (FTP) memungkinkan  pengguna komputer  yg satu untuk dapat mengirim ataupun menerima file ke komputer jaringan. Karena masalah keamanan data, maka FTP seringkali memerlukan nama pengguna (user name) dan password, meskipun banyak juga FTP yg dapat diakses melalui anonymous, alias tidak  berpassword. (lihat RFC 959 untuk spesifikasi FTP)
  • Remote login. Network terminal Protokol (telnet) memungkinka pengguna komputer dapat melakukan log in ke dalam suatu komputer didalam suatu jaringan. Jadi hal ini berarti bahwa pengguna   menggunakan komputernya sebagai perpanjangan tangan dari komputer jaringan tersebut.( lihat RFC 854 dan 855 untuk spesifikasi telnet lebih lanjut)
  • Computer mail. Digunakan untuk menerapkan sistem elektronik mail. (lihat RFC 821 dan 822)
  • Network File System (NFS). Pelayanan akses file-file jarak jauh yg memungkinkan klien-klien untuk mengakses file-file pada komputer jaringan jarak jauh walaupun file tersebut disimpan secara lokal.   (lihat RFC 1001 dan 1002 untuk keterangan lebih lanjut)
  •  remote execution. Memungkinkan pengguna komputer untuk menjalankan suatu program didalam komputer yg berbeda. Biasanya berguna jika pengguna menggunakan komputer yg terbatas, sedangkan ia memerlukan sumber yg banyak dalam suatu system komputer. Ada beberapa jenis   remote execution, ada yg berupa perintah-perintah dasar saja, yaitu yg dapat dijalankan dalam system komputer yg sama dan ada pula yg menggunakan "prosedure remote call system", yg memungkinkan program untuk memanggil subroutine yg akan dijalankan di system komputer yg berbeda. (sebagai contoh dalam Berkeley UNIX ada perintah "rsh" dan "rexec")
  • name servers. Nama database alamat yg digunakan pada internet (lihat RFC 822 dan 823 yg menjelaskan mengenai penggunaan protokol name server yg bertujuan untuk menentukan nama host di internet.)
RFC (Request For Comments) adalah merupakan standar yg digunakan dalam internet, meskipun ada juga isinya yg merupakan bahan diskusi ataupun omong kosong belaka. Diterbitkan oleh IAB (Internet Activities Board)  yg merupakan komite independen para peneliti dan profesional yg mengerti teknis, kondisi dan evolusi sistem internet. Sebuah surat yg  mengikuti nomor RFC menunjukan status RFC :
  S   : standard, standar resmi bagi internet
 DS : Draft standard, protokol tahap akhir sebelum disetujui sebagai                  standar
 PS : Proposed Standard, protokol pertimbangan untuk standar masa          depan
  I   : Informational, berisikan bahan-bahan diskusi yg sifatnya informasi
 E   : Experimental, protokol dalam tahap percobaan tetapi bukan pada          jalur standar.
 H   : Historic, protokol-protokol yg telah digantikan atau tidak lagi             dipertimbankan utk standarisasi.

Jumat, 05 Maret 2010

Alasan Mengapa Waktu Browsing Internet Dilarang Menekan Tombol F1

Pertama kali pada waktu melihat Berita di suatu Web tersebut saya juga merasa heran dan bertanya-tanya, ada apa dengan tombol F1 pada waktu Browsing...
Untuk tidak merasa heran dan bertanya-tanya mari kita semua lihat sama-sama beritanya.
________

Microsoft menemukan sebuah kelemahan pada piranti lunaknya. Demi mencegah celah ini dimanfaatkan, raksasa asal Redmond itu pun menganjurkan penggunanya untuk tidak menekan F1 saat melakukan browsing situs internet.

Seperti dikutip detikINET dari Microsoft Security Advisory, Rabu (3/3/2010), sebuah kelemahan telah ditemukan pada VBScript. Tepatnya, kelemahan ini akan berpengaruh pada komputer yang menjalankan Windows XP dan browser Internet Explorer (IE).

Kelemahan ini bisa dieksploitasi ketika pengguna menekan tombol F1. Tombol itu biasanya digunakan untuk memanggil fungsi bantuan (Help Menu) pada aplikasi Windows

"Jika sebuah situs jahat menampilkan Dialog Box yang dibuat khusus dan pengguna menekan F1, sebuah kode jahat bisa dijalankan di komputer pengguna sesuai dengan otoritas pengguna tersebut," demikian peringatan dari Microsoft.

Nah, beberapa cara ditawarkan Microsoft untuk mencegah kelemahan ini menyerang komputer:

- Jangan menekan F1 saat diminta oleh situs tertentu
- Matikan akses ke Windows Help
- Ubah aturan pengamanan IE menjadi 'High' untuk memblokir ActiveX
- Atur IE agar memberi peringatan saat hendak menjalankan ActiveX

Sekali lagi, celah ini berpengaruh pada komputer yang menjalankan browser Internet Explorer pada sistem operasi Microsoft Windows XP. Pengguna sistem operasi atau piranti lunak browser lain tak akan terpengaruh.