Langsung ke konten utama

Arti dibalik Nama Unik Sebuah Software / Hardware

Yahoo, Intel, Microsoft, Apple merupakan nama-nama yang sangat familiar bagi pengguna teknologi internet maupun komputer. Namun adakah kita pernah berpikir mengapa software atau hardware tersebut dinamakan demikian. Apa arti dibalik nama-nama unik tersebut ?

Nah, info berikut mungkin bisa menambah pengetahuan Anda tentang arti atau ''cerita'' dibalik keunikan nama Software maupun Hardware :

1. INTEL
    Awalnya nama perangkat lunak ini diambil dari nama pendirinya yaitu Bob Noyce dan Gordon Moore. “Moore Noyce” demikian nama yang akan diberikan untuk bisnis mereka. Namun ternyata nama tersebut sudah menjadi trademark sebuah Hotel. Akhirnya diputuskan untuk menamakan software ciptaan mereka dengan nama Intel yang merupakan singkatan dari INTegrated Electronics. 

2. Hewlett Packard (HP)
    Perusahaan informasi teknologi terbesar dunia ini dinamakan sesuai nama pendirinya yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard 

3. Microsoft
    Merupakan perusahaan raksasa untuk perangkat lunak yang didirikan oleh Bill Gates. Nama Microsoft merupakan singkatan dari MICROcomputer SOFTware. Pada awalnya penulisan asli Microsoft adalah Micro-Soft, lalu dirubah menjadi Microsoft. 

4. YAHOO

   
Pendiri Yahoo, Jerry Yang dan David Filo, mungkin seorang yang gemar akan cerita “Gullivers Travel”. Ini ditunjukkan dengan menamai situs terbesar ini : Yahoo. Kata Yahoo mereka ambil dari cerita “Gullivers Travel”, yang menggambarkan seseorang yang repulsive dalam penampilan dan aksinya. Jerry Yang dan David Filo, mengambil nama tersebut karena merasa bahwa mereka adalah Yahooligans 

 5. SONY
     Nama "Sony" dipilih sebagai gabungan kata Latin sonus, yang berarti suara (bunyi), dengan kata Inggris sonny ("anak kecil") yang setelah dikombinasikan berarti sekelompok kecil anak muda yang memiliki energi dan kemauan keras terhadap kreasi dan inovasi ide yang tak terbataskan. Bagi perusahaan tersebut nama “Sony” merupakan cerminan semangat kebebasan dan keterbukaan dalam inovasi. 
 6.CISCO
    Cisco System.Inc merupakan perusahaan global dalam bidang jaringan dan telekomunikasi di Amerika Serikat. Uniknya, nama ini bukan merupakan sebuah singkatan seperti yang selama ini dikenal, tapi merupakan nama pendek dari SanFrancisc.
7. Adobe
    Adobe Systems adalah salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar didunia yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Pendirinya, John Warnock, menamakannya seperti nama sungai yang mengalir tepat dibelakang rumah nya. Nama sungai itu adalah Adobe Creek 

8. COREL
    Merupakan perusahaan pembuat perangkat lunak komputer, dengan produknya yang terkenal adalah Corel Draw, sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vektor atau pembuatan vektor.Nama “Corel” berasal dari nama pendirinya juga yaitu Dr. Michael Cowpland. Merupakan singkatan dari COwpland REsearch Laboratory.
 9. AppleComputer
     Sang Pendiri, SteveJobs, ternyata sangat menyukai buah apel. Sehingga jadilah nama perusahaan perangkat keras ini “Apple”. Unik sekali bukan ? 

Terima kasih, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Processor Tidak Cepat Panas

         Sebagai otak utama pada komputer, processor juga dapat menyebabkan masalah untuk komputer. Salah satu penyebabnya adalah karena terjadi panas yang berlebih (overheating) sehingga dapat membuat komputer sering restart dan mati tiba-tiba. Untuk itu, beberapa tips yang diperlukan untuk menjaga suhu processor untuk memastikan pendingin processor (heatsink) dan fan yang mampu bekerja dengan baik.     Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan processor : * Pastikan bagian atas prosesor Anda telah diolesi dengan thermal paste. Thermal Paste atau Thermal Grease adalah bahan gel yang berfungsi untuk mengangkat panas dari prosesor ke headsink. Untuk thermal paste yang berwarna silver memiliki kualitas lebih baik ketimbang yang berwarna putih. * Pastikan casing memiliki jalur sirkulasi yang lancar, karena casing yang kurang sirkulasi akan menyebabkan komponen hardware didalamnya, termasuk processor, menjadi lebih cepat panas. * Rapikan kabel-kabel, teru

Tips Belajar Deteksi Kerusakan Hadware PC Sendiri

    Pertama Saya cuman mau Share agar Teman-teman dan pembaca dapat memperbaiki komputernya masing. Sebelumnya saya coba informasikan, kerusakan PC itu terbagi 2; software dan hardware. Sebelum memastikan kerusakaannya terjadi di hardware sebaiknya di cek dulu softwarenya, dalam hal ini Operating Systemnya. Untuk kerusakan software saya blom membahas tersebut, disini saya hanya coba bahas kerusakan hardware saja. Adapun bagian-bagian  PC terbagi menjadi 2 yaitu: Main peripheral PSU (Power Suply Unit) Mainboard/Motherboard Prossesor Memory VGA (dibeberapa mainboard,khususnya mobo server ini masuk kategori additional) Additional Peripheral Hardisk Soundcard 3D card Optical Drive Modem internal LAN card USB Pendeteksian dasar kerusakan PC dapat kita lakukan dengan mendeteksi kerusakan pada main peripheral terlebih dahulu. Sedangkan untuk kerusakan Additional peripheral bisa di deteksi melalui software maupun di BIOS.   Mendeteksi kerusakan PSU (Power Suplay Unit)       

Ada Yang Aneh di Microsoft Windows + Jawabannya

Ternyata ada 3 fakta aneh yang orang-orang tidak dapat jelaskan, Mari kita lihat bersama-sama ... Tidak ada seorangpun yang dapat membuat sebuah folder dengan nama "Con" - Coba kalian buat di mana    saja di hard disk anda, sebuah folder dengan nama "Con" (tanpa tanda kutip). Klik saja di sembarang tempat sub-menu new folder. Kemudian coba anda namain folder tersebut dengan nama "Con". Anda akan menyadari bahwa folder tersebut tidak akan bernama "Con", melainkan "New Folder"..                                                                                                                                JAWABAN : Keanehan ini pertama kali ditemukan sama orang India, dia menemukan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat membuat FOLDER di komputer dengan program Microsoft manapun dengan judul folder "CON". Ini merupakan hal nyata dan seluruh kru Microsoft sendiri tidak dapat menjawabnya kenapa hal ini bisa terjadi. Cobalah den