Kamis, 25 Maret 2010

Arti dibalik Nama Unik Sebuah Software / Hardware

Yahoo, Intel, Microsoft, Apple merupakan nama-nama yang sangat familiar bagi pengguna teknologi internet maupun komputer. Namun adakah kita pernah berpikir mengapa software atau hardware tersebut dinamakan demikian. Apa arti dibalik nama-nama unik tersebut ?

Nah, info berikut mungkin bisa menambah pengetahuan Anda tentang arti atau ''cerita'' dibalik keunikan nama Software maupun Hardware :

1. INTEL

    Awalnya nama perangkat lunak ini diambil dari nama pendirinya yaitu Bob Noyce dan Gordon Moore. “Moore Noyce” demikian nama yang akan diberikan untuk bisnis mereka. Namun ternyata nama tersebut sudah menjadi trademark sebuah Hotel. Akhirnya diputuskan untuk menamakan software ciptaan mereka dengan nama Intel yang merupakan singkatan dari INTegrated Electronics. 

2. Hewlett Packard (HP)
    Perusahaan informasi teknologi terbesar dunia ini dinamakan sesuai nama pendirinya yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard 

3. Microsoft
    Merupakan perusahaan raksasa untuk perangkat lunak yang didirikan oleh Bill Gates. Nama Microsoft merupakan singkatan dari MICROcomputer SOFTware. Pada awalnya penulisan asli Microsoft adalah Micro-Soft, lalu dirubah menjadi Microsoft. 

4. YAHOO

   
Pendiri Yahoo, Jerry Yang dan David Filo, mungkin seorang yang gemar akan cerita “Gullivers Travel”. Ini ditunjukkan dengan menamai situs terbesar ini : Yahoo. Kata Yahoo mereka ambil dari cerita “Gullivers Travel”, yang menggambarkan seseorang yang repulsive dalam penampilan dan aksinya. Jerry Yang dan David Filo, mengambil nama tersebut karena merasa bahwa mereka adalah Yahooligans 

 5. SONY
     Nama "Sony" dipilih sebagai gabungan kata Latin sonus, yang berarti suara (bunyi), dengan kata Inggris sonny ("anak kecil") yang setelah dikombinasikan berarti sekelompok kecil anak muda yang memiliki energi dan kemauan keras terhadap kreasi dan inovasi ide yang tak terbataskan. Bagi perusahaan tersebut nama “Sony” merupakan cerminan semangat kebebasan dan keterbukaan dalam inovasi. 
 6.CISCO
    Cisco System.Inc merupakan perusahaan global dalam bidang jaringan dan telekomunikasi di Amerika Serikat. Uniknya, nama ini bukan merupakan sebuah singkatan seperti yang selama ini dikenal, tapi merupakan nama pendek dari SanFrancisc.
7. Adobe
    Adobe Systems adalah salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar didunia yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Pendirinya, John Warnock, menamakannya seperti nama sungai yang mengalir tepat dibelakang rumah nya. Nama sungai itu adalah Adobe Creek 

8. COREL
    Merupakan perusahaan pembuat perangkat lunak komputer, dengan produknya yang terkenal adalah Corel Draw, sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vektor atau pembuatan vektor.Nama “Corel” berasal dari nama pendirinya juga yaitu Dr. Michael Cowpland. Merupakan singkatan dari COwpland REsearch Laboratory.
 9. AppleComputer
     Sang Pendiri, SteveJobs, ternyata sangat menyukai buah apel. Sehingga jadilah nama perusahaan perangkat keras ini “Apple”. Unik sekali bukan ? 

Terima kasih, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat.


0 komentar: