Langsung ke konten utama

Tips and Trik memilih Domain Pada Pembuatan WEB

    Ada sedikit  info  tips dan trik tentang Domain. Sebelum memberi tips dan trik mari kita lihat apa itu Domain Dan Hosting.
DOMAIN
merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jika kita sudah memiliki domain tersebut, org lain tidak bisa memilikinya, jd Cuma ada 1 domain di dunia. 
HOSTING,
Hosting ,tempat untuk menyimpan dokumen HTML , hati-hati gan, jangan menyimpan Hosting di Komputer . biasanya perusahaan yang menyediakan layanan domain, jug abs memeberikan layanan Hosting.

Tips memilih nama Domain :
-   Karena sudah banyak orang yang membeli domain, jadi agak sulit untuk
mencari nama domain baru, jadi pilihlah yg unik dan singkat, untuk
memudahkan orang lain menginat website kita. Dan engurangi orang lain
salah ketik.
-  Nama domain sebaiknya memeiliki arti dan jangan menggabungkan
angka dan huruf karena akan susah diingat. Misalkan Domain dengan
nama l4k1l4k1.com akan susah diingat.


Sub domain,
Subdomain sebenarnya alamat domain yang masih menjadi bagian dari domain, subdomain dapat diarahkan ke file HTML yang berbeda dari domain utama anda.
Contoh subdomain misalnya blog.saya.com yang berarti subdomain blog pada domain www.saya.com anda dapat memasang subdomain melalui tempat anda membeli domain.

Beberapa tips untuk memilih Hosting
1.Kapasitas:
perhatikan kapasitas sesuai kebutuhan gan, jangan sampe
kurang, 25MB, 50MB atau 1GB. Semakin besar, semakin mahal juga
kapasitasnya.
2.Teknologi yang digunakan:
yang ini gak kalah penting gan, Apakah servernya Linux atau Windows,
dan klo juragan, membuat file PHP apakah hostingnya mendukung file
PHP? Demikian juga klo membuat web menggunakan ASP, JSP, Perl,
Python, dan Ruby apakah hostingnya mendukung? Harus teliti sebelum
membeli gan, jangan sampe membuat website dengan PHP tetapi
membeli hosting yg ga support utk PHP
3.Suppot:
Cek ricek gan, Perusahaan Hosting yang anda pilih apakah 24
jam atow engak, buat jaga2 gan klo trouble malem2, ada yg bs
ditanyain
4.Database:
Prikas apakah mereka memberikan data base? . Periksa juga
berapa jumlah database yang disediakan dan apa saja apakah MySQL,
PostgreSQL, Access dll.
5.Backup:
Apakah hosting loe bs membackup data anda setiap hari. Ini
penting karena ada banyak hosting kurang ajar yang tidak melakukan
back up dan apabila data anda tiba-tiba hilang mereka tidak mau tahu.
6.Bandwith:
Periksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan
besarnya data transfer dalam sebulan. Kira-kira begini maksudnya gan,
Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB
sebulan. Maka apabila loe memiliki sebuah file HTML dengan ukuran
20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website perhari sekitar
100 orang, maka bs menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang
= 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, Klo loe memiliki 10
halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jd semakin banyak pengunjung,
semakin mahal juga hostingnya,

Tipe-tipe Hosting
Hosting ada bermacam-macam, yang paling banyak digunakan adalah
Virtual (shared) hosting. Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting dgn banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah.

Free Hosting, nah kalau yang ini merupakan hosting gratisan, gratis tapi bakal banyak iklan yang muncul pada websiteloe dang a bs pakai domain sendiri.
Dedicated Hosting, nah yang ini merupakan solusi yang paling mahal. Karena bisa punya server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik pribadi.butuh ada orang yg merawat hosting ini.
Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya. Jd tau beres aja gan… hehehe

Perusahaan penjual hosting
Banyak banget perusahaan yang menjual hosting dan domain. Di Indonesia klo mau diurutin nih gan berdasar pengguna yg paling banyak:
1.masterwebnet,
2.idwebhost
3.Singcat,
4. nah yang update terbaru Gan….. Telkom juga mengeluarkn layanan Hosting di 2010 ini, namanya Kiostron webhosting,
Jadi bisa pilih-pilih dan tetap berhati2, mau pake yg mana dan seperti apa… 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Processor Tidak Cepat Panas

         Sebagai otak utama pada komputer, processor juga dapat menyebabkan masalah untuk komputer. Salah satu penyebabnya adalah karena terjadi panas yang berlebih (overheating) sehingga dapat membuat komputer sering restart dan mati tiba-tiba. Untuk itu, beberapa tips yang diperlukan untuk menjaga suhu processor untuk memastikan pendingin processor (heatsink) dan fan yang mampu bekerja dengan baik.     Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan processor : * Pastikan bagian atas prosesor Anda telah diolesi dengan thermal paste. Thermal Paste atau Thermal Grease adalah bahan gel yang berfungsi untuk mengangkat panas dari prosesor ke headsink. Untuk thermal paste yang berwarna silver memiliki kualitas lebih baik ketimbang yang berwarna putih. * Pastikan casing memiliki jalur sirkulasi yang lancar, karena casing yang kurang sirkulasi akan menyebabkan komponen hardware didalamnya, termasuk processor, menjadi lebih cepat panas. * Rapikan kabel-kabel, teru

Tips Belajar Deteksi Kerusakan Hadware PC Sendiri

    Pertama Saya cuman mau Share agar Teman-teman dan pembaca dapat memperbaiki komputernya masing. Sebelumnya saya coba informasikan, kerusakan PC itu terbagi 2; software dan hardware. Sebelum memastikan kerusakaannya terjadi di hardware sebaiknya di cek dulu softwarenya, dalam hal ini Operating Systemnya. Untuk kerusakan software saya blom membahas tersebut, disini saya hanya coba bahas kerusakan hardware saja. Adapun bagian-bagian  PC terbagi menjadi 2 yaitu: Main peripheral PSU (Power Suply Unit) Mainboard/Motherboard Prossesor Memory VGA (dibeberapa mainboard,khususnya mobo server ini masuk kategori additional) Additional Peripheral Hardisk Soundcard 3D card Optical Drive Modem internal LAN card USB Pendeteksian dasar kerusakan PC dapat kita lakukan dengan mendeteksi kerusakan pada main peripheral terlebih dahulu. Sedangkan untuk kerusakan Additional peripheral bisa di deteksi melalui software maupun di BIOS.   Mendeteksi kerusakan PSU (Power Suplay Unit)       

Ada Yang Aneh di Microsoft Windows + Jawabannya

Ternyata ada 3 fakta aneh yang orang-orang tidak dapat jelaskan, Mari kita lihat bersama-sama ... Tidak ada seorangpun yang dapat membuat sebuah folder dengan nama "Con" - Coba kalian buat di mana    saja di hard disk anda, sebuah folder dengan nama "Con" (tanpa tanda kutip). Klik saja di sembarang tempat sub-menu new folder. Kemudian coba anda namain folder tersebut dengan nama "Con". Anda akan menyadari bahwa folder tersebut tidak akan bernama "Con", melainkan "New Folder"..                                                                                                                                JAWABAN : Keanehan ini pertama kali ditemukan sama orang India, dia menemukan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat membuat FOLDER di komputer dengan program Microsoft manapun dengan judul folder "CON". Ini merupakan hal nyata dan seluruh kru Microsoft sendiri tidak dapat menjawabnya kenapa hal ini bisa terjadi. Cobalah den